Busi Mesin Internal Combustion

Busi (dari bahasa Belanda bougie) merupakan suku cadang mesin pembakaran dalam (Internal Combustion) dengan ujung elektroda pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar campuran bensin dan udara yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

Mesin pembakaran internal (Internal Combustion) Membutuhkan pemercik api (Busi) untuk melakukan proses pembakaran campuran antara bensin dan udara, Untuk mesin kompresi tinggi seperti mesin Diesel yang tanpa pemercik mampu mengkompresi campuran bensin dan udara sampai terjadi percikan dengan sendirinya (jadi tidak memerlukan busi).

Sumber http://id.wikipedia.org

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: