Temperatur Mobil Jadul & Modern

temperatur mesin mobil memang berbeda antara mobil jadul alias ajaman dulu dengan temperatur mesin modern, semua mobil jadul rata2 masih mengadopsi fan radiator yang di gerakkan oleh mesin secara langsung, sedangkan mobil modern sudah mengadopsi teknologi yang lebih canggih yakni sudah otomatis secara elektronik menjaga mesin pada suhu tertentu yang di kontrol oleh fan elektrik atau masih menggunakan penggerak mesin dengan tetapi sudah menggunakan visco fan sehingga tidak manual seperti mobil jadul.

Dengan penerapan sistem yang berbeda, di harapkan pada mobil moder suhu mesin mencapai titik tertentu (+- 80 derajat) dengan tujuan efisiensi dan optimasi daya mesin,karena temperatur mesin yang terlalu dingin kurang bagus dan cenderung boros terutama terasa pada mesin yang sudah mengadopsi sistem injeksi.

Jadi, indikator temperatur mesin akan terlihat di tengah/ separo apabila mesin kondisi on tidak seperti mobil jadul yang selalu menunjuk Cool (C) pada indikator temperatur mesin.

,

  1. #1 by Ersra on September 28, 2010 - 8:38 am

    Saya baru beli mobil bekas Daihatsu Taruna FGZ 2001 EFI. Temperatur mesin selalu fluktuasi antara cool/strip paling bawah sampai dengan sekitar 1/3. Apa ini normal Om? Kata teman thermostatnya sepertinya sudah di ambil/copot. Bagaimana yang bagus Om. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: