Penyebab Platina Sering Terbakar/ Cepat Habis

Pada mobil yang masih menggunakan teknologi platina kemungkinan besar sering mengalami kejadian akan platina sering terbakar/ platina cepat habis walau menggunakan platina original so mahal dan walhasil tarikan mesin menjadi kendor alias molor.

Beberapa hal yang sering menyebabkan platina cepat habis/ cepat terbakar antara lain:

1. Coil Short. Short bisa di akibatkan oleh adanya perubahan nilah tahanan Coil yang mengecil sehingga arus yang mengalir melalui platina jadi besar sehingga platina cepat terbakar/habis.

2. Coil Racing. penggunaan coil racing dengan mennngunakan sistem pengapian platina tentu akan memperpendek usia coil, hal ini disebabkan oleh nilai tahanan koil racing terlalu rendah sehingga kebutuhan arus semakin besar, sehingga platina cepat terbakar/habis.

3. Kondensor Kurang Bagus. Nilai kondensor yang lebih kecil dari standart/rusak bikin platina cepat aus karena percikan api pada platina menjadi besar.

4. Nepel Aki Kendor. nepel aki kendor akan mengakibatkan tegangan menjadi tinggi melebihi 15Volt dan mengakibatkan merusak komponen kelistrikan lain serta platina cepat terbakar/habis.

5. Sistem Pengisian Terlalu Besar.

Baca juga:
Jual Aneka Macam CDI Mobil Murah dan praktis.

CDI Mobil

, , , , , , ,

  1. #1 by karsonosh on August 11, 2010 - 10:24 am

    Salam sehat& sucses buat Mas, bagaimana cdi tsb apa bisa untuk 3 cilinder/ caranya untuk memasangnya/ harganya nyampai brp, terima kasih, Amin (087834725599)

  2. #2 by trijono hartanto on September 1, 2010 - 8:35 am

    selamat pagi mas catur ,saya punya mobil kijang 98,kalo mesin panas pada kecepatan tinggi ada suara ledakan di knalpot,padahal sdh ganti platina,kondensor,knalpot ,mohon infonya…

    • #3 by Catur on September 1, 2010 - 11:39 pm

      ledakan pada knlpot byk sebab, yg sering terjadi campuran terlalu kurus.campuran kurus bs dari setting karbu atau udara palsu yang msk ke manifold.
      Kalau melihat kasus na yg meledak pd saat mesin panas kyknya udara palsu.ini srg terjadi pada dudukan karburator yg melengkung, jd pd saat panas bisa di lwati udara kemanifold.
      cara cek:
      1.lepas karburator.
      2. letakkan karburator di atas kaca.
      3. cek kerataan dudukan karburator.
      4. bila lengkung ratakan/skrap bs jg di gosok pk kertas gosok di atas kaca.
      5. stelah rata silahkan tes mbl jgn setting lainna dl.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: